

Mata pelajaran Seni Budaya di kelas 7 semester 2 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bertujuan untuk memperkenalkan dan mengembangkan pemahaman siswa terhadap berbagai aspek seni dan budaya Indonesia. Materi yang dipelajari mencakup seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni teater. Untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari, berikut adalah 50 soal pilihan ganda yang mencakup seluruh aspek seni budaya yang diajarkan.
I. Seni Rupa
Teknik menggambar dengan menutup objek menggunakan satu warna disebut teknik ….
a. Linear
b. Blok
c. Arsir
d. Dusell
Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik adalah ….
a. Gitar
b. Drum
c. Piano
d. Saksofon
Seni rupa yang memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari disebut ….
a. Seni murni
b. Seni terapan
c. Seni modern
d. Seni kontemporer
Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah ….
a. Patung
b. Relief
c. Lukisan
d. Keramik
Warna yang diperoleh dari campuran dua warna primer disebut warna ….
a. Primer
b. Sekunder
c. Tersier
d. Netral
Motif batik yang berasal dari daerah Yogyakarta adalah ….
a. Parang Kusumo
b. Mega Mendung
c. Kawung
d. Truntum
Bahan yang digunakan untuk membuat patung adalah ….
a. Kertas
b. Kain
c. Kayu
d. Tinta
Unsur seni rupa yang paling dasar adalah ….
a. Warna
b. Garis
c. Bidang
d. Tekstur
Teknik membuat karya seni rupa dengan cara menempel disebut teknik ….
a. Mozaik
b. Kolase
c. Montase
d. Aplikasi
Karya seni rupa tiga dimensi yang berfungsi sebagai tempat tinggal adalah ….
a. Patung
b. Rumah adat
c. Guci
d. Topeng
II. Seni Musik
Interval nada dari do ke mi adalah ….
a. Sekonde
b. Terts
c. Kuart
d. Kuint
Alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat adalah ….
a. Sasando
b. Angklung
c. Tifa
d. Gamelan
Jenis tangga nada yang memiliki pola interval 1-1-½-1-1-1-½ adalah tangga nada ….
a. Mayor
b. Minor
c. Kromatis
d. Pentatonis
Tempo lagu yang menggambarkan suasana riang adalah ….
a. Largo
b. Adagio
c. Allegro
d. Presto
Dinamika musik yang berarti lembut adalah ….
a. Forte
b. Piano
c. Mezzo forte
d. Pianissimo
Lagu “Indonesia Raya” diciptakan oleh ….
a. WR. Supratman
b. Ismail Marzuki
c. C. Simanjuntak
d. Gombloh
Teknik vokal yang baik sangat penting dalam ….
a. Bermain alat musik
b. Menyanyi
c. Menari
d. Bermain drama
Unsur musik yang mengatur cepat lambatnya lagu adalah ….
a. Melodi
b. Harmoni
c. Tempo
d. Dinamika
Alat musik yang berfungsi sebagai pembawa melodi dalam ansambel musik adalah ….
a. Drum
b. Bass
c. Gitar
d. Keyboard
Jenis suara wanita tertinggi adalah ….
a. Sopran
b. Alto
c. Tenor
d. Bass
III. Seni Tari
Tari Saman berasal dari daerah ….
a. Aceh
b. Sumatera Barat
c. Bali
d. Jawa Tengah
Gerakan tari yang menggunakan tenaga kuat dan cepat menggambarkan suasana ….
a. Sedih
b. Marah
c. Lemah lembut
d. Tenang
Unsur utama dalam tari adalah ….
a. Musik
b. Gerak
c. Kostum
d. Tata rias
Fungsi tari sebagai sarana upacara adat disebut fungsi ….
a. Hiburan
b. Pendidikan
c. Religi
d. Komunikasi
Pola lantai yang membentuk garis lurus dari kiri ke kanan disebut pola lantai ….
a. Vertikal
b. Horizontal
c. Diagonal
d. Melengkung
Tari yang dilakukan oleh banyak orang secara bersama-sama disebut tari ….
a. Tunggal
b. Berpasangan
c. Kelompok
d. Massal
Properti yang digunakan dalam Tari Payung adalah ….
a. Kipas
b. Payung
c. Topeng
d. Keris
Iringan tari dapat berupa ….
a. Musik internal
b. Musik eksternal
c. Musik tradisional
d. Semua benar
Busana tari yang digunakan harus sesuai dengan ….
a. Selera penari
b. Tema tari
c. Tren mode
d. Keinginan penonton
Tata rias dalam tari berfungsi untuk ….
a. Mempercantik penari
b. Menghidupkan karakter
c. Menutupi kekurangan
d. Semua benar
IV. Seni Teater
Unsur penting dalam teater yang berisi pesan moral adalah ….
a. Tema
b. Alur
c. Latar
d. Tokoh
Jenis teater tradisional yang berasal dari Jawa Tengah adalah ….
a. Lenong
b. Ludruk
c. Ketoprak
d. Mak Yong
Orang yang bertugas mengatur jalannya pementasan teater adalah ….
a. Aktor
b. Sutradara
c. Penulis naskah
d. Penata rias
Tempat berlangsungnya pementasan teater disebut ….
a. Panggung
b. Auditorium
c. Studio
d. Backstage
Dialog yang diucapkan oleh tokoh dalam teater disebut ….
a. Monolog
b. Prolog
c. Epilog
d. Narasi
Ekspresi wajah yang digunakan untuk menyampaikan emosi dalam teater disebut ….
a. Gestur
b. Mimik
c. Vokal
d. Blocking
Tujuan utama dari latihan teater adalah ….
a. Mendapatkan popularitas
b. Mengembangkan bakat
c. Meningkatkan kepercayaan diri
d. Semua benar
Tata busana dalam teater berfungsi untuk ….
a. Memperindah penampilan
b. Mencerminkan karakter tokoh
c. Menunjukkan status sosial
d. Semua benar
Unsur teater yang menciptakan suasana dan mendukung cerita adalah ….
a. Tata lampu
b. Tata suara
c. Tata panggung
d. Semua benar
Jenis teater yang menggunakan boneka sebagai tokohnya adalah ….
a. Teater boneka
b. Teaterikal puisi
c. Drama musikal
d. Teater gerak
V. Pengetahuan Umum Seni Budaya
Candi Borobudur terletak di provinsi ….
a. Jawa Tengah
b. Jawa Timur
c. Bali
d. Yogyakarta
Alat musik gamelan merupakan warisan budaya dari daerah ….
a. Sumatera
b. Jawa
c. Kalimantan
d. Sulawesi
Upacara Ngaben adalah tradisi pembakaran jenazah yang berasal dari ….
a. Bali
b. Toraja
c. Dayak
d. Asmat
Wayang Kulit merupakan seni pertunjukan yang menggunakan media ….
a. Manusia
b. Boneka
c. Bayangan
d. Gambar
Rumah adat Toraja dikenal dengan nama ….
a. Rumah Gadang
b. Rumah Joglo
c. Rumah Tongkonan
d. Rumah Honai
Kain Songket adalah kain tenun tradisional yang berasal dari daerah ….
a. Sumatera Barat
b. Sumatera Selatan
c. Aceh
d. Riau
Tari Kecak berasal dari daerah ….
a. Bali
b. Lombok
c. Flores
d. Sumba
Seni ukir kayu banyak ditemukan di daerah ….
a. Jepara
b. Yogyakarta
c. Solo
d. Cirebon
Pertunjukan Debus merupakan seni tradisional yang menunjukkan ….
a. Kekuatan magis
b. Keterampilan menari
c. Keterampilan bermain musik
d. Kekuatan fisik
Festival layang-layang internasional sering diadakan di daerah ….
a. Bali
b. Jakarta
c. Yogyakarta
d. Surabaya
Kunci Jawaban:
Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa tentang berbagai aspek seni budaya Indonesia, mulai dari seni rupa, seni musik, seni tari, hingga seni teater. Dengan mengerjakan soal-soal ini, siswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap kekayaan seni dan budaya Indonesia. Selain itu, soal-soal ini juga dapat membantu guru dalam mengevaluasi efektivitas pembelajaran yang telah dilakukan selama semester 2. Semoga bermanfaat!